Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

umrah di hari jumat

Umrah di Hari Jumat, Lebih Ramai dan Memberikan Kesan Berbeda Saat Pandemi

Menjalankan ibadah umrah di masa pandemi seperti saat ini menjadi satu tantangan tersendiri. Namun juga meberikan pengalaman yang menarik. Karena untuk menjalankan umrah di masa pandemi harus benar-benar mematuhi setiap aturan yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi. Seperti pemilik akun Youtube eljunaed yang baru – baru ini melaksanakan umrah di hari Jumat.

Kegiatan ibadah umrah di masa pandemi ini memang dilakukan setiap hari. Oleh karena itu, pemilik akun Youtube eljunaed ini sering kali memberikan kabar terbaru di Arab Saudi dan informasi ibadah umrah.

Situasi Umrah di Hari Jumat

Untuk situasi menjalankan ibadah umrah pada hari Jumat sendiri memang cenderung lebih ramai dibandingkan hari biasa. Mungkin karena hari Jumat merupakan salah satu hari khusus atau hari spesial.

Pelaksanaan ibadah umrah eljunaed sendiri dimulai dari mengambil miqot di daerah Tan’im di Masjid Aisyah. Untuk perjalanannya sekitar 10 menit dengan ongkos taksi yang justru lebih murah dibandingkan saat normal sebelum ada covid-19. Hal tersebut karena penumpang taksi tidak begitu ramai, sehingga ongkos yang diterapkan juga lebih murah.

Mengenai masalah kapan dibuka kembali umrah untuk para jamaah, sampai saat ini pihak Kementerian Agama masih mengevaluasi umrah perdana waktu itu. Dimana ada 3 keberangkatan jamaah umrah dari Indonesia dan 2 keberangkatan jamaah umrah dari Pakistan.

Dari 5 keberangkatan tersebut, diadakan evaluasi. Dimana untuk sementara pengadaan umrah dari luar Arab Saudi ditundah terlebih dulu karena adanya beberapa faktor. Bukan berarti ditutup namun ditunda terlebih dulu. Dan jika nantinya sudah tetap dengan protokol kesehatan, Arab Saudi akan membuka kembali dengan kuota yang lebih banyak.

Pengambilan Miqot Saat Umrah di Hari Jumat di Tan’im

Pada awal menjalankan ibadah umrah eljunaed melakukan sholat sunah 2 rakaat terlebih dulu di masjid Tan’im. Setelah melakukan sholat sunnah 2 rakaat, kemudian akan mengambil niat dan kembali naik taksi untuk menuju ke Mekkah.

Situasi di siang hari, Masjid Sayidah Aisyah ini memang sepi, namun setelah ashar sampai maghrib situasinya lebih ramai.

Pelaksanaan Ibadah Umrah di Hari Jumat

Situasi dan kondisi di depan Ka’bah memang cenderung lebih ramai saat hari Jumat tersebut. Terlihat dari video yang diunduh oleh pemilik akun Youtube eljunaed. Dimana terlihat ada banyak jamaah yang sedang menjalankan tawaf dan ibadah umrah.

Namun jika biasanya para jamaah bisa lebih dekat dengan Ka’bah dan mencium hajar aswad, namun untuk saat ini para jamaah tidak dapat melakukan hal tersebut.

Eljunaed juga menjelaskan jika pelaksanaan tawaf ini para jamaah sudah mencapai batas pinggir kawasan Ka’bah tersebut. Setelah melakukan tawaf, eljunaed menjalankan sholat dua rakaat. Dirinya juga menjelaskan jika setelah melakukna tawaf mendapatkan air zam zam.

Suasana di tempat sa’i juga terlihat ramai dengan jamaah, bahkan bisa dibilang sudah seperti kondisi normal. Setelah melakukan sa’i tahap selanjutnya melakukan tahalul atau memotong rambut.

Itulah serangkaian ibadah umrah yang dilakukan oleh eljunaed berdasarkan video yang diunggah olehnya. Dimana menggambarkan situasi dan kondisi umrah pada hari Jumat, dimana cenderung ramai dengan jamaah. Sehingga dirasa memberikan kesan yang berbeda dibandingkan hari biasa yang relatif sepi.

Bisa dibilang banyak jamaah yang memilih untuk melaksanakan ibadah umrah di hari Jumat karena memang dikatakan hari baik di dalam Islam. Jadi situasu dan kondisinya lebih padat disbanding biasanya meskipun saat pandemi. Yang terpenting adalah tetap menjaga dan memperhatikan protokol kesehatan.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published.