rangkaian umrah 2020

Rangkaian Umrah 2020 Bolehkah Menggunakan Scooter Selama Menjalankannya?

Menjalankan ibadah umrah tentu menjadi salah satu hal yang paling diinginkan oleh para muslim di seluruh dunia. Seperti baru – baru ini, pada tanggal 1 November 2020 Arab Saudi kembali membuka kesempatan umrah untuk para muslim di dunia. Namun dengan kuota dibatasi. Selain itu rangkaian umrah 2020 ini juga harus memperhatikan protokol kesehatan.

Bisa dibilang untuk menjalankan umrah di tahun ini para jamaah harus benar – benar mengikuti setiap peraturan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Karena protokol kesehatan diterapkan secara ketat, tentu saja ada beberapa hal yang harus dipatuhi.

Misalnya saja harus melakukan karantina selama 3 hari di hotel dan setelah itu akan dilakukan tes PCR atau swab terlebih dulu. Kemudian setelah dinyatakan negatif baru dapat menjalankan ibadah umrah.

Dalam beribadah umrah kali ini ada satu hal yang berbeda dan menarik, dimana pada saat menjalankan rangkaian tawaf dan sa’i para jamaah dapat menggunakan scooter. Namun dikhususkan untuk jamaah yang merasa kelelahan atau sedang kurang enak badan.

Rangkaian Umrah 2020 Tawaf dan Sa’i

Pada dasarnya rangkaian umrah untuk tawaf dan sa’i dilakukan seperti biasa, namun yang menjadi perbedaannya adalah ketika jamaah umrah merasa lelah diperbolehkan untuk menggunakan fasilitas scooter yang sudah disediakan.

Untuk hukumnya sendiri diperbolehkan karena dulunya Nabi Muhammad SAW pernah menjalankan tawaf dan sa’i dengan menunggangi untanya. Namun untuk para jamaah umrah yang menggunakan scooter tersebut akan melewati jalur khusus. Sehingga para jamaah umrah yang menjalankan tawaf serta sa’i dengan berlari kecil tidak diperbolehkan masuk ke dalam jalur scooter.

Yang menarik adalah ada pemandu yang akan selalu siap untuk membantu jamaah yang menggunakan scooter jika memang dibutuhkan.

Dulunya sebelum adanya pandemi covid-19 jalur scooter tersebut adalah jalur untuk jamaah yang menggunakan kursi roda. Dan saat pandemi, jalur tersebut dialih fungsikan menjadi jalur khusus scooter. Selain itu juga selalu dipantau oleh petugas yang mengawasi.

Biaya Sewa Scooter Untuk Rangkaian Umrah 2020

Biaya sewa yang harus dikeluarkan para jamaah umrah yang membutuhkan scooter untuk melakukan tawaf dan sa’i ini adalah 55 real untuk scooter 1 kursi dan 115 real untuk scooter dengan 2 kursi. Jadi, memang untuk menggunakan scooter ini para jamaah umrah yang membutuhkan harus membayarkan sewa.

Apakah Sah Menjalankan Rangkaian Umrah 2020 Menggunakan Scooter?

Sebenarnya ada perbedaan dari para ulama dalam hal ini. Dimana untuk para jamaah yang mungkin seorang lansia, kemudian sakit dan dalam kondisi yang kurang baik diperbolehkan untuk menggunakan scooter ini dengan menyewanya.

Namun untuk jamaah yang dalam kondisi sehat hukumnya tidak sah atau tidak dianjurkan sama sekali. Selain itu ada juga pendapat dari ulama yang mana jamaah dalam kondisi sehat boleh menggunakan scooter namun harus membayarkan dam karena tawaf dengan kondisi berjalan hukumnya wajib. Jadi jika ditinggalkan harus membayarkan dam.

Jadi pada intinya adalah serangkaian ibadah umrah dilakukan seperti biasa, mulai dari mengambil niat, kemudian menjalankan tawaf, sa’i dan juga tahalul.

Namun yang mempermudah para jamaah untuk melakukan serangkaian umrah tersebut adalah adanya scooter yang dianggap sebagai unta karena Nabi Muhammad dulunya pernah menaiki unta ketika menjalankan ibadah umrah.

Dengan demikian, sangat disarankan untuk para jamaah yang sedang dalam kondisi sehat untuk melakukan rangkaian umrah 2020 dengan berjalan kaki agar ibadah umrah juga menjadi lebih sah dan afdol.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124