ibadah haji 2021

Ibadah Haji 2021 Jadwal Keberangkatan Belum Diketahui, Ini Penjelasan Menteri Agama

Semenjak dibukanya kembali Masjidil Haram untuk ibadah umrah bagi Indonesia, tentu saja menjadi satu kesempatan tersendiri. Oleh karena itu, banyak jamaah yang memanfaatkan hal tersebut agar dapat menjalankan ibadah umrah. Namun bagaimana dengan ibadah haji 2021 mendatang? Apakah sudah dibuka juga untuk calon jamaah di luar Arab Saudi?

Sampai dengan saat ini, pihak Pemerintah Indonesia masih belum memperoleh kuota haji untuk pemberangkatan haji di tahun 2021 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Bapak Nizar selaku Sekjen Kementerian Agama dan Bapak Oman selaku Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah jika Pemerintah Arab Saudi menjelaskan jika masih terlalu dini jika membicarakan hal itu.

Rencana Keberangkatan Jamaah Ibadah Haji 2021

Fachrul juga menjelaskan jika jamaah haji yang mana akan diberangkatkan pada penyelenggaraan ibadah haji 1442H atau pada tahun 2021 mendatang merupakan jamaah haji yang berhak untuk berangkat serta sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji pada rencana penyelenggaraan haji tahun 2021 tersebut dan belum melakukan pembatalan.

Mengingat hingga sekarang ini wabah covid-19 masih belum juga berakhir. Oleh karena itu, pihak Pemerintah melakukan mitigasi penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 menggunakan tiga opsi atau tiga pilihan.

Untuk yang pertama adalah kuota penuh. Hal satu ini akan dilakukan jika kuota tersebut sudah didapatkan dan wabah covid-19 sudah berlalu. Selain itu juga jika vaksin covid-19 sudah tersedia.

Kemudian untuk opsi yang kedua adalah kuota terbatas, dimana akan dilakuian jika kuota sudah didapatkan sedangkan untuk wabahnya masih berlanjut, tetapi kebijakan pihak Pemerintah Arab Saudi menerapkan protokol kesehatan secara baik.

Sedangkan untuk opsi yang ketiga adalah tidak akan memberangkatkan jamaah haji. Hal tersebut dilakukan jika kebijakan dari Pemerintah Arab Saui menyelenggarakan ibadah haji hanya untuk lingkup yang terbatas. Jadi pada intinya adalah Pemerintah Indonesia mengikuti perkembangan agar mendapatkan perkiraan opsi yang mempunyai peluang tinggi.

Pengadaan Transportasi Penerbangan Ibadah Haji 2021

Kemudian mengenai pengadaan transportasi penerbangan, Fachrul menyebutkan jika maskapai yang sudah ditetapkan sebagai penyedia transportasi udara untuk ibadah haji 1442H mendatang akan kembali ditetapkan sebagai penyedia transportasi udara dalam penyelenggaraan ibadah haji 1442H sesuai dengan peraturan perundang – undangan.

Hal itu tentu saja sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 494 Tahun 2020 mengenai pembatalan keberangkatan ibadah haji.

Sedangkan untuk pengadaan layanan yang ada di Arab Saudi, Fachrul menjelaskan jika yang sudah ditetapkan sebagai penyedia layanan untuk penyelenggaraan haji tahun 1441H akan kembali menjadi penyedia layanan untuk penyelenggaraan haji 1442H.

Semuanya tentu saja berharap agar wabah tersebut segera berakhir agar ibadah haji dapat berjalan lancar seperti sebelumnya.

Kenaikan Pajak Ibadah Haji 2021

Selain itu, Fachrul juga menjelaskan jika terdapat kemungkinan kenaikan pengenaan pajak sebesar 15% yang mana akan dikenakan untuk penyelenggaraan haji 2021. Kondisi itu sendiri sangat perlu disikapi karena nantinya akan memberikan dampak untuk biaya operasional dari ibadah haji tahun 2021.

Pihaknya juga dalam waktu dekat akan mencoba untuk mengirimkan tim dengan tujuan melakukan koordinasi dan juga penjajakan untuk beberapa pihak terkait yang ada di Ara Saudi mengenai dampak covid-19 dan juga kenaikan pajak dari layanan di Arab Saudi. Dan saat ini sedang dilakukan penyusunan anggaran operasional haji.

Demikianlah sedikit informasi yang dapat disampaikan mengenai keberangkatan ibadah haji di tahun 2021 mendatang. Dimana sampai saat ini memang masih belum diketahui apakah akan dilaksanakan atau tidak.

Semuanya memang menunggu keputusan dari pihak Pemerintah Arab Saudi. Jadi, akan jauh lebih baik jika menunggu informasi dari Pemerintah Indonesia mengenai keberangkatan ibadah haji 2021 mendatang.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124