cerita jamaah umrah Indonesia

Cerita Jamaah Umrah Indonesia Saat Beribadah Umrah di Masa Pandemi Covid-19

Cerita jamaah umrah Indonesia ketika menjalankan ibadah umrah memang menjadi suatu pengalaman tersendiri dan juga memberikan informasi untuk para masyarakat Indonesia. Dimana saat menjelang siang, langit di Bandara Soekarno – Hatta begitu cerah dan terminal penerbangan internasional memang terlihat cukup ramai.

Ada beberapa kelompok jamaah umrah yang akan beribadah di tengah pandemi covid-19. Mereka menunggu panggilan keberangkatan dengan sabar, walaupun terdapat perasaan was – was di hati mereka yang tidak dapat dihindarkan.

Terdengar melalui pengeras suara, informasi keberangkatan sudah diumumkan dimana pesawat Saudia Airlines dengan kode penerbangan SV 817 telah siap di landasan. Para jamaah kemudian bergegas sembar memanjatkan doa dan melangkahkan kaki memasuki pesawat.

Pada pukul 10.45 WIB di tanggal 1 November 2020, pesawat sudah lepas landas dan total ada 224 jamaah umrah dalam pesawat menuju Bandara King Abdulaziz yang ada di Jeddah, Arab Saudi. Setiap penumpang juga sudah dipastikan melalui tes swab serta dinyatakan negatif covid-19 dan mematuhi setiap protokol kesehatan.

Meskipun setiap penumpang sudah negatif covid-19, namun tetap ada suatu perasaan yang tidak tenang, dimana pikiran tertular virus tersebut sangat besar dan yang menjadi penyemangat adalah melihat Baitullah.

Cerita Jamaah Umrah Indonesia Saat Tiba di Saudi

Pada jam 16.30 waktu Arab Saudi, pesawat sudah mendarat di Kota Jeddah dan rombongan sudah bersiap untuk meninggalkan pesawat. Biasanya para jamaah berjalan berdekatan secara bersamaan. Tetapi, pandemi covid-19 ini membuat mereka wajib menjaga jarak. Dimana setiap orang harus berjarak paling tidak satu meter dan dilarang membuat kerumunan.

Di bandara tersebut, setiap jamaah umrah Indonesia menyerahkan bukti dari hasil negatif covid-19 tes swab kepada petugas. Selain itu, ada beberapa formulir yang harus diisi serta wajib untuk menandatangani pernyataan harus mengikuti setiap aturan kesehatan yang sudah diterapkan di Arab Saudi.

Setelah melengkapi berkas administrasi tersebut, mereka kemudian menempuh perjalanan ke hotel berintang lima dengan mematuhi protokol kesehatan. Dimana setiap kamar hanya diisi oleh maksimal 2 orang dan harus melakukan isolasi mandiri 3 hari.

Setelah itu para jamaah juga diminta untuk melakukan serangkaian tes kesehatan berupa swab dan PCR untuk memastikan jika mereka benar – benar bebas covid-19. Setelah semua terbukti, barulah mereka dapat melakukan serangkaian ibadah umrah seperti tawaf, sa’I dan juga tahalul.

Aturan Ketat Ibadah Umrah

Selama ibadah umrah tersebut berlangsung, ada banyak aturan yang harus diperhatikan para jamaah dan tidak boleh dilakukan. Contohnya adalah tidak dapat mendekat Ka’bah dan mencium batu Hajar Aswad.

Para jamaah hanya diperbolehkan untuk melihat serta berdoa dari jarak jauh, sehingga membuat mmen tersebut sangat berbeda saat belum ada pandemi covid-19.

Bahkan syarat untuk dapat masuk ke dalam Masjidil Haram juga sangat ketat dan diatasi, mereka juga diwajibkan untuk melakukan tes swab dan harus mendapatkan izin masuk. Hal tersebut tentunya sangat menguji kesabaran.

Untuk biaya yang dikeluarkan juga lebih besar, dimana sebelumnya paket umrah berkisar Rp 27 jutaan perorang dan untuk pandemi saat ini berkisar Rp 35 jutaan. Hampir setara dengan ibadah haji.

Ibadah Tetap Lancar

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama, Arfi Hatim juga mengatakan jika pelaksanaan umrah saat pandemi tetap berjalan dengan lancar. Selain itu protokol kesehatan tidak mengurangi rasa khusuk beribadah di Masjidil Haram.

Meskipun semuanya serba dibatasi dan kurang afdol, namun hal tersebut tidak membuat para jamaah kehilangan rasa khusuk selama beribadah.

Cerita jamaah umrah Indonesia selama beribadah umrah di Arab Saudi tersebut tentunya dapat menjadi informasi untuk para masyarakat dan pengalaman tersendiri yang tidak terlupakan bagi para jamaah tersebut.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124