cara daftar haji reguler

Cara Daftar Haji Reguler Dengan Prosedur Yang Tepat

Haji adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan untuk umat muslim yang mampu secara fisik ataupun materi. Selain itu ibadah satu ini menjadi yang paling diinginkan oleh sebagian besar umat muslim. Namun sebelum menjalankan ibadah haji tentu saja harus mendaftar terlebih dulu. Lalu bagaimana cara daftar haji reguler itu sendiri?

Haji reguler sendiri adalah haji yang mana biayanya terbilang paling murah dibandingkan dengan jenis haji yang lainnya. Untuk sekarang ini terdapat dua cara daftar haji yang diadakan, yaitu haji reguler dan haji plus.

Haji reguler sendiri diadakan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama. Sedangkan untuk haji plus diselenggarakan oleh pihak travel haji yang sudah ditunjuk pemerintah langsung.

Keduanya tentu saja memiliki perbedaan, terutama pada pembayaran, fasilitas dan cara pendaftarannya. Namun karena banyak orang yang memilih untuk berangkat haji dengan pilihan reguler, berikut adalah cara daftar yang dapat diperhatikan:

Cara Daftar Haji Reguler Dengan Membuka Tabungan Haji

Cara yang pertama ini wajib dilakukan untuk umat muslim yang akan menjalankan ibadah haji reguler yang sudah diselenggarakan pemerintah. Sehingga sebelum melakukan pendaftaran di Kementerian Agama terleih dulu dan wajib untuk membuka tabungan lebih dulu. Setelah itu barulah dapat melakukan pendaftaran.

Anda dapat membuka tabungan yang sudah ditunjuk pemerintah. Untuk cara membuka tabungan sendiri adalah datang ke bank dan membawa identitas seperti KTP dan juga uang sebesar Rp 25 juta untuk setoran awal. Nominal itu sendiri adalah salah satu syarat untuk mendaftarkan haji reguler. Selain itu juga agar nemperoleh kepastian untuk berangkat.

Cara Daftar Haji Reguler Dengan Menandatangani Surat Pernyataan Persyaratan Haji

Kemudian Anda dapat menandatangani surat pernyataan haji. Dimana setelah mendapatkan tabungan haji, Anda diwajibkan menandatangani surat tersebut dan memenuhi persyaratannya. Surat pernyataan tersebut juga harus diisi oleh Anda yang melaksanakan haji atau bisa juga dibantu pihak keluarga lain untuk menandatangani surat tersebut.

Cara Daftar Haji Reguler Dengan Transfer Ke Rekening Kementerian Agama

Langkah selanjutnya adalah calon jamaah haji melakukan transfer ke rekening milik Kementerian Agama dengan setoran awal sesuai dengan domisili. Nantinya Anda akan memperoleh lembar bukti setoran awal yang berisi nomor validasi yang mana diterbitkan BPS BPIH.

Nomor validasi tersebut wajib disimpan dan diperhatikan dengan baik. Pastikan agar nomor tersebut tidak hilang.

Cara Daftar Haji Reguler Datangi Kementerian Agama

Langkah berikutnya, Anda harus mendatangi Kementerian Agama yang ada di kabupaten ataupun kota untuk melakukan pendaftaran.

Dokumen bukti dari setoran awal lalu ditempel pas foto dari calon jamaah haji berukuran 3×4 dan juga bermaterai. Lalu calon jamaah haji diminta untuk ke Kementerian Agama dan membawa dokumen bukti setoran awal serta persyaratan lain.

Cara Daftar Haji Reguler di Kementerian Agama

Jika semua urusan tersebut sudah selesai, Anda dapat mendaftarkan langsung ke kantor Kementerian Agama. Dan disarankan agar calon jamaah haji dapat datang langsung ke Kementerian Agama. Selain itu datang di pagi hari agar mencegah antrean panjang. Jika sudah sampai nantinya Anda harus melakukan beberapa prosedur yang sudah diberlakukan.

Agar dapat berjalan dengan lancar, Anda dapat mengikuti semua prosedur sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang sudah diberikan.

Itulah hal – hal yang dapat diperhatikan saat ingin mendaftarkan diri untuk menjalankan ibadah haji reguler. Dengan memperhatikan semua hal tersebut tentu saja semuaya akan berjalan dengan lancar sampai hari keberangkatan tiba.

Jadi, mulai sekarang tidak perlu ragu lagi untuk mendaftarkan haji sendiri tidak perlu adanya calo ataupun yang lainnya. karena cara daftar haji reguler cukup mudah jika mengikuti setiap prosedur dengan baik.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124