biaya paket umrah

Biaya Paket Umrah Semakin Meningkat, Siasati Dengan Tips Berikut!

Tidak dapat dipungkiri memang jika setelah kesempatan ibadah umrah kembali dibuka, biaya paket umrah semakin meningkat. Hal tersebut dikarenakan harus melakukan tes swab beberapa kali baik di Indonesia ataupun di Arab Saudi. Selain itu juga karena adanya karantina yang harus dilakukan oleh para jamaah umrah.

Dengan kenaikan biaya umrah tersebut tentu saja membuat sebagian masyarakat yang ingin menjalankan umrah merasa cukup berat dengan kenaikan biaya sekitar 30% tersebut.

Meskipun demikian tidak perlu bingung ataupun khawatir karena ada cara yang dapat dilakukan untuk tetap dapat berangkat umrah namun dengan lebih ringan meskipun terjadi kenaikan harga.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memberikan keringan dalam membayarkan biaya umrah. Namun tetap harus diingat agar menggunakan cara menurut hukum Islam. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menabung atau mengumpulkan uang untuk membayarkan biaya umrah:

Membuka Rekening Khusus Biaya Paket Umrah

Jika dapat menyimpan simpanan pribadi yang sudah dipunyai, tentu saja akan jauh lebih efektif jika simpanan terseut disimpan dalam rekening khusus yang mana hanya digunakan untuk melakukan pembayaran biaya umah. Untuk dapat memilih bank, Anda bisa membuka rekening baru pada bank syariah dan juga memilih tabungan khusus untuk rencana haji dan umrah.

Jika sudah berhasil membuka rekening, dapat langsung membuat rencana untuk tabungan umrah khusus dengan waktu yang sudah ditentukan. Sistem nantinya akan menentukan dana yang akan direalisasikan. Setelah itu jumlah dana yang harus disimpan di setiap bulannya akan disesuaikan periode yang dipilih.

Dengan demikian, jika tujuannya ingin memperoleh dana sekitar 30 juta rupiah dengan waktu 3 tahun, tentu saja harus mempersiapkan sekitar 800 ribuan setiap bulannya.

Menghemat Pengeluaran Untuk Biaya Umrah

Hal ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Dimana ada baiknya jika ingin segera melaksanakan ibadah umrah tidak membelanjakan uang hanya untuk barang yang tidak penting. Sebaiknya uang tersebut dapat dialokasikan untuk biaya umrah yang membutuhkan biaya tidak sedikit.

Selain itu juga dapat mengurangi pengeluaran untuk kebutuhan non darurat atau hiburan. Anda dapat mengurangi frekuensi jajan atau makan di luar. Akan lebih baik jika memasak sendiri. Jadi akan jauh lebih hemat biaya dan juga dapat tepat waktu untuk menjalankan ibadah umrah.

Berinvestasi Sesuai Dengan Syariat Islam

Selain itu dapat pula mencoba untuk berinvestasi, namun pastikan sesuai dengan syariat Islam. Untuk saat ini sudah ada banyak sekali sarana investasi yang berlabel syariah, misalnya saja reksadana syariah, kemudian properti syariah, emas dan SBSN. Untuk dapat menghemat biaya umrah, coba untuk berinvestasi hal tersebut.

Namun alat investasi yang paling disarankan atau direkomendasikan adalah emas, hal tersebut karena emas ini sudah stabil dan tidak akan jatuh terlalu rendah. Justru cenderung selalu naik setiap waktu.

Demikian, beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan dana umrah secara lebih mudah dan efektif. Dengan cara tersebut tentu saja nantinya akan meringankan Anda untuk menjalankan ibadah umrah mengingat harga paket umrah yang harus dibayarkan semakin meningkat, bahkan meningkat sebesar 30%.

Untuk mempersiapkan biaya umrah sendiri yang terpenting adalah kemauan dan juga niat untuk beribadah umrah. Jika sudah memiliki niat tersebut, tentu saja akan semakin mudah untuk mengumpulkan dana pembayaran umrah.

Jadi, mulai sekarang tidak perlu bingung ataupun khawatir lagi jika ingin menjalankan ibadah umrah meskipun biaya paket umrah selama masa pandemi ini meningkat. Yang terpenting adalah persiapan mental dan biaya dapat dipersiapkan dengan matang. Jadi nantinya resiko penularan covid-19 juga akan dapat diminimalisir.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124