Umroh Bersama Buah Hati

Umroh Bersama Buah Hati

Icon October 6, 2016
Icon By wijaya
Icon 0 comments

Menjalani Ibadah Umroh Bersama Buah Hati

 

umroh-anakSalah satu yang menjadi perhatian besar bagi orang tua adalah mengurus anak kecil mereka ketika membawa mereka untuk beribadah umroh. Hal ini me jadi lebih mudah untuk mengatur semua kegiatan ibadah umroh jika anak yang kuta bawa berusia di atas lima tahun, tetapi jika mereka dibawah umur itu hal ini akan menjadi sulit untuk berkompromi dengan mereka. Beberapa faktor diambil agar dapat merawat mereka dengan baik dan menghindari rintangan kecil agar ibadah umroh ,menjadi nyaman.

Hal yang menjadi perhatian utama adalah  menghindari membawa lebih dari satu anak yang berusia dibawah lima tahun untuk beribadah umroh bersama Anda. Membawa lebih dari satu anak bukanlah ide yang baik karena akan membawa banyak hambatan seperti mengawasi dan merawat mereka akan menjadi sulit. Mereka mungkin akan berlari larian dan tersasar. Jika Anda membawa pasangan, hal ini akan menjadi lebih mudah umtuk mengurus anak-anak.

Travel umroh haji pada umumnya memberikan diskon untuk anak-anak. Mintakan kepada pihak travel agent untuk anak kecil konsesi yang menemani Anda selama umroh. Pihak travel agent juga menawarkan paket umroh yang menawarkan diskon ketika Anda berpegian dengan keluarga.

 

Tips menjalani ibadah umroh bersama anak kecil

Tips berikut ini akan menuntun Anda me jalani ibadah umroh bersama anak untuk lebih berhasil.

 

Tips mengunjungi Medinah

Minta kepada pihak travel untuk mengakomodir agar keluarga Anda menginap dekat Mesjidil Haram. Sepanjang waktu, pastikan Anda dan keluarga khususnya anak yang berusia dibawah lima tahun mengenakan tanda pengenal dengan segala informasi yang terkandung didalamnya seperti nama orangtua, nomer passport, nomer kontak, nama hotel, dan lain lain. Jika anak Anda hilang di Medinah, mereka biasanya ditemukan oleh pihak keamanan mesjid. Jika hal ini terjadi, hubungi mereka

Mengawasi anak ketika Anda sedang sholat sangatlah penting, misalnya mereka lari-larian menjauhi Anda. Bukan suatu kewajiban anak kecil kengenakan kain ihrom, kecuali mereka sudah akil balig. Akan tetapi, jika Anda memutuskan mereka untuk memakainya, katakan ke mereka tentang batasan dan larangan ber ikhrom. Tidak ada denda untuk orang tua si anak jika pada keadaan sang anak melakukan kesalahan ber ikhrom. Jika Anda memutuskan untuk mengajak juga dan mengenakan pakaian banu yang biasa, pastikan kalau Anda tidak mengenakan mereka dengan pakaian yang terlalu menarik perhatian. Baju yang lebih sederhana, makan lebih baik.

 

Selalu membawa tas bayitas-bayi

Untuk menghindari lari ke sana kemari untuk mencari air, makanan dan lain-lain, bawalah tas bayi. Letakan barang-barang yang penting seperti botol, diapers, susu bubuk, dan lain-lain. Pastikan untuk membawa cukup air panas ketika sedang menjalankan umroh untuk bayi Anda.

 

Waktu terbaik melaksanakan umroh bersama anak kecil

umroh bersama anakPada saat musim panas, cuaca di Mekah dan Medinah sangat panas dan anak kecil cenderung iritasi didalam kondisi yang ekstrim. Berikut, ketika berniat umroh bersama anak, rencanakan di bulan Desember atau Januari karena cuaca cukup menyenangkan pada bulan tersebut. Di dalam ruangan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi semuanya ber AC.

Ruangan sholat untuk priamdan wanita terpisah, dan anak-anak biasanya bersama ibunya. Jika Anda berumroh bersama pasangan Anda atau perempuan dari keluarga Anda, sangat disarankan untuk membawa anak Anda ke twmpat sholat perempuan. Hal ini menjadi lebih mudah untuk mengurus mereka karena disitu juga terdapat anak kecil yang lain.

 

Melaksanakan Tawaf dan Syai bersama anak kecil

Salah satu ritual terpenting dari ibadah umroh adalah Tawaf dan Syai. Syai adalah berlari lari kecil antara bukit Safa dan Marwah . Jika Anda melakukan Tawaf sambil membawa kereta bayi, maka mereka dapat dimasukan ke kereta bayi sambil kita Tawaf. Jika Anda suka, Anda dapat melakukan Tawaf pada tingkat kedua, itu lebih lenggang. Jika Anak Anda belum dapat berjalan atau berlari, anak Anda dapat ditaruh di kursi roda.

Catatan : Di Mekah tidak ada tempat penitipan anak, sehingga Anda harus mengawasinya sendiri.

 

Banyak orang enggan dalam mengerjakan umroh bersama anak kecil, tetapi membawa mereka serta dapat menjadi keputusan yang bijaksana. Hal ini akan membuat mereka dekat kepada Allah dan Islam. Jika mengurus dan menjaga mereka dengan benar, melaksanakan umroh dengan anak-anak dapat me jadi pengalaman yang indah dan menyenangkan.

 

 

Leave a reply