Hal yang harus diperhatikan ketika mengajak anak kecil untuk umroh

Umroh bersama Anak Kecil

 

Umroh merupakan ibadah sunnah yang dikerjakan setiap Muslim muslimah diseluruh dunia, yakni beribadah mengikuti ajaran dan tuntunan ke makkah al mukaromah. Saat melakukan umroh, harus diperhatikan hal-hal dasar. Terutama bila sedang umroh bersama anak kita. Anak yang belum baligh membuat tidak menjadikannya hal kewajiban, namun akan mendidiknya menjadi dewasa yang baik di kemudian hari.

Berikut ini adalah pengalaman umroh bersama anak kecil, dimana pengalaman ini dialami pada orangtua yang membawa anak kecil dengan usia 10 tahun, 8 tahun dan 5 tahun. Sebelumnya kami mengucapkan Alhamdulillah, karena telah melaksanakan ibadah ini dengan baik. Untuk berbagi pengalaman dengan yang lain, kami memberikan tips dan rekomendasi tentang umroh ke makkah dengan anak kecil.

Rencanakan Umroh dengan Baik

  1. Tanggal Umroh : Rencanakan umroh anda setidaknya selama 5 hari di madinah, dan 9 hari di mekkah. Perkirakan tanggal yang tidak mendekati bulan haji dan bulan ramadhan, karena pengunjung pada bulan tersebu relatif banyak. Namun jika anda ingin berkunjung pada bulan tersebut, juga sangat baik karena keutamaan bulan Ramadhan yang bagus.
  2. Pesawat : gunakan maskapai pesawat yang friendly kepada anak. Cobalah cek kursi pesanan untuk keluarga besar, dan dapat membuat nyaman anak tidur selama perjalanan di pesawat.
  3. Bagasi : setiap orang diijinkan memakai bagasi 30 Kg. Kami merekomendasikan anda membawa 5 tas. Sebagian tas di isi dengan snack untuk anak anda. Karena tidak semua anak akan cocok dnegan snack dari negara lain karena rasa dan teksturnya yang berbeda. Kami merekomendasikan anda membawa susu, snack tuna, mie gelas, keju, permen, dan makanan ringan untuk anak anda. Rencanakan dengan baik. Jangan lupa bawa permen karet untuk pertolongan ketika ada tekanan negatif selama perjalanan di pesawat.
  4. Kelompok Umroh : kami menyarankan anda pergi dengan kelompok umroh agar membantu anda dalam segala hal. Dengan berkumpul dengan kelompok, mereka akan membantu anda juga dalam mengawasi putra putri anda.
  5. Akomodasi : sebelum bepergian, pilihlah akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan anak anda. Ini berarti termasuk lokasi, ketinggian lantai, ketersediaan taman bermain, yang sangat berguna bagi putra putri anda. Kami merekomendasikan anda menggunakan wotif atau agoda untuk memilih hotel disekitar haromain. Di Madinah, anda dapat booking kamar dengan 2 bedroom, dengan pemandangan masjid nabawi, termasuk buffet breakfast. Di mekkah anda dapat memilih the Fairmont, didalam menara jam, pilihlah kamar dengan 2 bedroom, dengan pemandangan ka’bah, sehingga anda akan terasa umrohnya. Jangan lupa untuk memilih paket beserta buffet breakfast agar anda tidak keluar budget yang lebih mahal.

Ekspektasi Umroh Bersama Anak

Sebagai manusia biasa, kita harus membuat estimasi maksimal dan berdasarkan situasi realitas. Di mekkah, dapat melakukan aktifitas sehari-hari rutin seperti sholat fajar (subuh), dan tetap duduk hingga memasuki waktu dhuha, kemudian lakukan thowaf pada pukul 8.00 waktu setempat. Ini adalah waktu terbaik untuk melakukan thawaf, karena tidak terlalu panas dan situasi sejuk udara pagi.

Disini kita akan mengharapkan hikmah, terutama sebagai orangtua, sangat kami rekomendasikan memberikan refleksi pemaknaan kepada putra putri kita, akan tujuan kunjungan kita ke tanah suci. Berikut refleksi yang dapat diberikan:

  1. Meninggalkan dari hiruk pikuk dunia, sehingga secara spiritual akan mengisi dan menghapus segala rasa gundah gulana terhadap dunia anda (InsyaAllah).
  2. Menunjukkan kepada putra putri kita terhadap kota suci dan memicu hubungan dengan ka’bah di Makkah dan masjid Nabawi di Madinah.
  3. Untuk menghubungkan keluarga dengan tempat yang paling diberkati di dunia ini, yakni Makkah dan Madinah.

 

About the Author

Leave a Reply

*