Tips Aman Memilih Agen Haji Umroh

Tips Aman Memilih Agen Haji Umroh

Icon November 3, 2016
Icon By wijaya
Icon 0 comments

agen haji umroh

Akhir-akhir ini fenomena penipuan banyak sekali di Indonesia. Salah satunya adalah penipuan Agen Haji Umroh. Banyak masyarakat Indonesia yang terkena penipuan karena kurang cermat dalam memilih agen travel Haji Umroh. Semakin banyaknya orang Muslim yang menunaikan haji, semakin banyak pula penawaran akan agen travel yang membantu para umat Muslim untuk bisa mudah menunaikan ibadah haji. Karena salah satu faktor inilah maka timbul peluang yang tidak terpuji yang dilakukan oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab demi meraup keuntungan yang besar.

Beragam pilihan paket Haji Umroh serta harga yang menarik membuat para calon jamaah lebih mudah menunaikan ibadah haji. Namun karena semakin banyaknya penyelenggara ibadah haji dan umroh, tidak semuanya memang benar-benar memudahkan dan bisa memegang amanah. Sering kita dengar mengenai kasus penipuan yang banyak memakan korban para calon jemaah Haji Umroh. Tak jarang mereka semua kecewa karena sudah rugi materi dan juga non materi. Beberapa kasus yang sering kita dengar adalah pembatalan pemberangkatan, program yang tidak sesuai seperti yang diharapkan, fasilitas yang berbeda dengan apa yang ditawarkan, sampai adanya pendamping haji umroh yang menyimpang dari aqidah.

Oleh karena itu, wajib bagi kita untuk lebih waspada dan cermat lagi untuk memilih agen travel Haji Umroh yang benar-benar terpercaya dan dapat memegang amanah. Selain kesiapan fisik dan juga mental untuk berangkat naik haji, kewaspadaan juga perlu agar ibadah menjadi nyaman. Maka dari itu ada beberapa tips bagi anda untuk bisa memilih dan mencermati agen yang bagaimana yang bisa dipercaya. Yang pertama adalah cek legalitas dari biro haji dan umroh plus yang anda pilih dengan lengkap. Cek apakah legalitas tersebut masih berlaku dan sah seperti SK Kemenag, NPWP, Keanggotaan IATA, serta tanda bukti yang jelas mengenai legalitas lainnya.

Hati-hati mengenai biro Haji Umroh yang mengatakan bahwa memiliki kantor pusat di luar kota yang kebanyakan adalah palsu dan tidak memiliki izin yang resmi. Selain itu cek dan telusuri lokasi dan semua aktifitas dari biro haji dan umroh plus tersebut. Pastikan bahwa memang agen tersebut serius dalam menjalankan sebagai biro penyelenggara, dan bukan hanya sebagai sampingan saja yang dikelola ala kadarnya. Jangan mudah tergoda juga jika ditawari beragam paket ibadah haji yang harganya sangat murah. Bahkan sampai diiming-imingi gratis. Jika harga yang ditawari jauh lebih murah dari harga yang umumnya, bisa jadi fasilitas yang diberikan kurang memadai.

agen-umroh-hajiPeriksa juga track record mengenai agen haji umroh tersebut apakah bagus atau tidak. Karena untuk bisa menjadi biro penyelenggara ibadah Haji Umroh yang resmi dari Kemenag harus memenuhi syarat pernah melakukan pemberangkatan paling tidak 200 jamaah haji umroh dalam kurun waktu 3 tahun secara berturut-turut. Pastikan pula fasilitas yang didapatkan, seperti misalnya biaya pasti dalam Rupiah maupun dalam Dollar, biaya lainnya yang menjadi tanggungan para jamaah seperti airport tax, visa, vaksin, dan tour di luar paket. Serta akomodasi dari Jakarta dan ke Jakarta, hotel, dan lain-lain.

Setelah memastikan beberapa Agen Haji Umroh yang benar-benar terbukti bisa dipercaya, maka lakukan semua proses pendaftaran hingga pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan lewat transfer bank maupun secara tunai. Jika anda membayarnya dengan transfer, pastikan melalui bank yang terpercaya. Dan jika anda bayar secara tunai, maka jangan lupa minta bukti pembayaran dan juga stempel dari perusahaan yang sah.

Description: Haji Umroh bisa dilakukan dengan nyaman jika bisa waspada dan mencermati dalam memilih agen penyelenggara Haji Umroh. Melakukan pengecekan dari legalitas hingga track record adalah langkah yang bisa menghindarkan dari penipuan.

Leave a reply