10 hal yang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan umroh

10 hal yang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan umroh

Icon February 7, 2016
Icon By wijaya
Icon 0 comments

kabah

 

Beberapa orang mungkin segera akan melakukan perjalanan umroh atau haji , jadi saya akan memberikan beberapa nasihat kepada orang yang akan melakukan ibadah umroh atau hajitersebut. Berikut adalah beberapa nasihat diantara banyak yang memberikan nasihat dan petunjuk yang saya terima ketika akan melakukan ibadah umroh atau haji.

 

 

 

1. Lakukan pekerjaan rumah Anda

Pelajari tentang Mekah dan Medinah. Pelajari apa itu umroh. Ketika saya mempersiapkan untuk perjalanan umroh atau haji, saya mencari banyak buku2 yang berbeda yang mempelajari tentang haji dan manasik haji. Bagaimanapun, saya menemukan kesulitan informasi tentang umroh. Tentu, buku-buku tentang haji juga membuat referensi tentang umroh dan membuat porsi kecil di buku tersebut, tapi itu tidak membuat saya berpuas diri untuk mencari informasi lebih. Saya kebetulan menemukan sebuah buku bagus tentang umroh yang berjudul “The Ultimate Guide to Umrah” . Saya tidak mengatakan bahwa buku yang satu, lebih bagus darinpada buku yang lain, tapi saya mendesak anda untuk mempelajarinya sebelum Anda mengalaminya langsung. Dan jangan lupa untuk scan passport dan dokumen penting lainnya dan email ke  Anda sendiri dan keluarga, jadi Anda punya copy nya jika terjadi sesuatu hal.

 

2. Teman membuat seorang menjadi baik 

temanJika Anda akan pergi bersama orang lain, maka pastikan kalau mereka adalah orang baik. A compang makes a man, dan itu sangat betul ketika Anda berada di tanag suci. Mempunyai rombongan orang-orang yang baik  akan memberikan dampak yang positif  ketika akan melaksanakan ibadah umroh atau haji. Seperti apakah orang-orang tersebut suka melakukan ibadah Tahajud di Mesjidil Haram dan melakukan ibadah extra Tawaf  atau mereka lebih suka untuk melakukan kuliner makanan sampai kenyang dan tidak kuat lagi untuk melakukan ibadah ibadah lainnya ?

 

3. Ketahui peraturan tentang Ihram

Ada peraturan tentang Ihram simple yang orang mungkin dapat terjadi tanpa kita sadari melakukannya. Sebagai contoh, kita tahu bahwa tidak boleh menggunakan sabun mandi yang beraroma ketika sedang Ihrom, jadi berusaha untuk membeli sabun mandi yang tidak beraroma sebelum melakukan ibadah umroh atau haji. Contoh peraturan yang lain adalah, kita tidak boleh menutup kepala kita dengan kain inrom (untuk laki-laki). Hal issue lainnya adalah sangat penting untuk menutupi aurat kita selama kita dalam kondisi ihram. Jangan biarkan terbuka ketika kita sedang memakainya.

 

4. Tukang Cukur Yang Bersih

Ketika dalam kondisi Tahalul, wanita dan pria diwajibkan untuk memotong rambutnya. Untuk pria, jangan hanya memotong rambut beberapa helai. Potonglah rambut Anda sampai habis (disarankan). Jika Anda memutuskan untuk memotong sampai botak, maka pastikan bahwa tukang cukur tersebut menggunakan pisau cukur sekali pakai. Pemerintah Saudi memberikan

barbershopperaturan tersebut dah banyak tukang cukur yang mematuhinya. Kita tidak ingin darah kita tercemar oleh darah orang lain yang mempunyai penyakit Hepatitis C dan penyakit berbahaya lainnya akibat terkontaminasi dari pisau cukur tersebut. Untuk wanita, jangan biarkan diri Anda terbuka dan memotong rambut deket Kaba. Tunggu sampai tiba di hotel dan buka penutup Auratnya kemudian baru cukur rambut. Jangan korbankan umroh  Anda hanya karena ingin cepat cepat selesai umroh

 

 

 

5. Beli pelembab (Vaseline)

Nasihat ini khusus untuk pria. Ketika kita dalam kondisi ihrom, kita tidak memakai sama sekali celana dalam ataupun celana pendek. Kaki kita akan kering dan sebuah pelembab akan membuat kondisi badan kita akan terasa nyaman.

 

6. Mengunjungi Rawdah

terbaik ketika akan ingin mengunjungi Rawdah adalah pada tengah malam. Rawdah adalah surga kecil yang terdapat di Mesjid Nabawi Medinah. Tempat ini berlantai karpet hijau, jadi sangat mudah dikenali tapi sangat sulit untuk mengunjunginya. Banyak orang mempunyai cara agar dapat sholat di tempat yang luasnya kecil ini di Rawdah ketika berada di Medinah.

Setelah bertanya-tanya kepada orang yang tinggal di Medinah, waktu yang terbaik untuk mengunjungi Rawdah (untuk laki-laki) adalah pada malam hari. Jika kita menunggu beberapa jam setelah waktu Isya dan beberapa jam sebelum Subuh, kepadatan di Rawdah berkurang dan menjadi sangat mudah untuk sholat dan bertafakur di Rawdah.

rawda

7. Mengunjungi tempat bersejarah di Medinah

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah itu adalah pada pagi hari dan kadang diantara terbit matahari dan Dzuhur. Anda dapat mengunjungi tempat tempat tersebut seperti lokasi Perang Uhud dan Mesjid Quba, adalah mesjid pertama yang didirikan oleh Nabi Mumamad SAW.

Jangan lupa untuk sholat sunnah 2 rokaat

 

8. Nomer Kontak Rumah

Jika Anda mempunyai smarthone, download aplikasi seperti Viber atau MagicJack yang membuat kita lebih mudah untuk menghubungi keluarga di rumah secara gratis lewat wifi yang banyak tersedia di hotel. Buat HP Anda dalam airplane mode dan hidupkan wifi nya untuk mencegah kita dikenakan biaya roaming. Dan jika mempunya iPhone, anda dapat menggunakan iMessage untuk melakukan SMS kepada orang lain secara gratis melalui wifi.

 

9. Menngobrol Dengan Orang Lain.

Tanya mereka dari negara mana. Saya bertemu dengan orang-orang dari negara lain. Mereka dari seluruh dunia. Mekah dan Medinah adalah tempat berkumpul orang orang dari seluruh dunia. Apakah Anda pernah bertemu orang dari negara Azerbaijan atau Mautitius ?

Kita akan merasa punya saudara dari belahan dunia lain di dalam perjalanan suci yang luar biasa ini.

 

 

10. Berdoa

Sangat mudah untuk dilakukan, tapi sangat penting dilakukan. Buatlah doa untuk diri Anda sendiri, orang lain dan seluruh umat manusia. Anda diberkati ditempat yang sangat suci. Ambil kesempatan didalam perjalanan spiritual yang sangat suci ini dan lamukanlah banyak.. Banyak.. Banyak doa. Insya Allah

slide-3

Selamat melakukan ibadah suci Umroh, semoga Allah menerima

ibadah  kita amiin

 

 

Leave a reply